News, World  

Indeks Korupsi Persepsi Global Vietnam Jalan Di Tempat Peringkat 87

JAKARTA, GESAHKITA COM—Ketua Partai Komunis Vietnam Nguyen Phu Trong menyamakan kampanye anti-korupsinya dengan “tungku yang menyala-nyala”, kampanye yang melibatkan ratusan pejabat senior, eksekutif bisnis, dan lainnya dalam ledakannya selama bertahun-tahun.

Sementara posisi negara telah meningkat lebih dari 30 peringkat selama dekade terakhir pada indeks persepsi korupsi global, itu masih di tempat ke-87 tahun lalu dari 180 peringkat.

Sekarang ketika ekonomi dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara berusaha untuk meningkatkan daya tariknya sebagai tujuan investasi asing di tengah meningkatnya ketegangan perdagangan antara AS dan China, pertarungan tampaknya akan berkobar lagi.

APA ITU PENARGETAN VIETNAM?

Trong, yang memenangkan masa jabatan ketiga yang langka tahun lalu, mengatakan dalam pidato yang disiarkan televisi tahun lalu bahwa “setiap kader dan anggota partai perlu memikul tanggung jawab untuk menjadi panutan. Semakin tinggi posisi dan pangkat, semakin besar tanggung jawab yang harus diambil”.

Delapan tim inspeksi telah dibentuk untuk menangani kasus korupsi, termasuk di komite dan lembaga partai, menurut Komite Pengarah Pusat Anti Korupsi.

Lebih dari 1.200 kasus telah diselidiki tahun ini, dengan lebih dari 730 melibatkan lebih dari 1.500 terdakwa dibawa ke pengadilan.

Polisi telah menahan sejumlah eksekutif sebagai bagian dari penyelidikan dugaan manipulasi harga saham.

SIAPA YANG BERADA DI SALIB RAMBUT?

Pada bulan April, polisi menahan wakil Menteri Luar Negeri To Anh Dung atas dugaan suap ketika dia mengatur penerbangan repatriasi untuk orang Vietnam di luar negeri selama pandemi.

Bulan berikutnya, seorang mantan wakil menteri kesehatan dijatuhi hukuman empat tahun penjara karena perannya dalam jaringan perdagangan obat palsu.

Kementerian keuangan memecat Ketua Komisi Sekuritas Negara Tran Van Dung karena dugaan “kesalahan serius”, di tengah penyelidikan yang sedang berlangsung terhadap perdagangan saham.

Segera setelah itu, kepala Bursa Efek Vietnam dipecat karena apa yang disebut bursa Ho Chi Minh City sebagai kekurangan “sangat serius” di tempat kerja.

Di antara eksekutif yang telah ditahan adalah mantan ketua Bamboo Airways dan induknya FLC Group JSC, Trinh Van Quyet; Tri Viet Securities mantan chief executive officer Do Duc Nam dan Louis Holdings mantan ketua Do Thanh Nhan.

Pihak berwenang mengatakan mereka juga sedang menyelidiki kasus yang melibatkan universitas kedokteran militer, mantan pejabat tinggi penjaga pantai dan penipuan properti.

 

Vietnam memenjarakan mantan ketua Hanoi selama 8 tahun lagi karena penyalahgunaan kekuasaan

APA YANG DIPERHATIKAN?

Vietnam telah memperingatkan bahwa korupsi dapat menempatkan legitimasi partai dan mempertahankan kekuasaan dalam bahaya karena masyarakat semakin tidak toleran terhadap korupsi – yang disuarakan Presiden Xi Jinping di negara tetangganya, China yang komunis.

Selain itu, Vietnam, negara berpenduduk sekitar 100 juta orang, memiliki banyak keuntungan secara ekonomi jika dapat meningkatkan citranya sebagai tempat untuk melakukan bisnis.

Pabrikan global telah mencari cara untuk mendiversifikasi rantai pasokan mereka dari China, yang terperangkap dalam penguncian pandemi dan perang dagang dengan AS dan Vietnam telah diuntungkan.

Ekspornya setara dengan lebih dari 100 persen PDB, menurut data Bank Dunia, menjadikannya salah satu negara yang paling bergantung pada perdagangan di dunia.

Vietnam juga telah berusaha agar pasar sahamnya diklasifikasikan sebagai pasar berkembang – naik dari status perbatasan saat ini, yang merupakan anak tangga terendah dan paling berisiko – dan ini dapat membawa investasi asing yang lebih besar.

Sebagai peserta dalam Kerangka Ekonomi Indo-Pasifik AS yang baru , Vietnam juga memiliki kesempatan untuk meningkatkan hubungannya dengan bekas musuh masa perangnya – pasar ekspor terbesarnya.

 

SEBERAPA SERIUS CRACDOWN?
Orang-orang duduk di penjara, dan beberapa telah dijatuhi hukuman mati.

Tetapi di negara satu partai yang dikontrol ketat di Vietnam, sulit untuk mengatakan apakah ada motivasi lain selain membangun legitimasi.

Freedom House, sebuah kelompok advokasi yang berbasis di AS, menempatkan Vietnam sebagai “tidak bebas”, dengan skor tahun lalu hanya 19 poin dari 100.

Kelompok hak asasi manusia berulang kali menuduh pemerintah menekan perbedaan pendapat.

Transparency International, sebuah kelompok anti-korupsi yang berbasis di Berlin, memberikan skor 39 dari 100 tahun lalu, dari 31 pada 2012 – tahun pemerintahan Perdana Menteri Nguyen Tan Dung dinodai oleh serangkaian skandal.

Penangkapan kembali terjadi setelah pemerintahan baru mengambil alih kekuasaan pada tahun 2016:

Nguyen Xuan Anh, ketua partai di pusat kota Danang, dicopot dari jabatannya.
Nguyen Xuan Son, mantan ketua PetroVietnam milik negara dan mantan kepala eksekutif Ocean Commercial Joint Stock Bank, dijatuhi hukuman mati setelah dihukum karena penggelapan.
Ha Van Tham, mantan ketua bank, dijatuhi hukuman seumur hidup setelah dinyatakan bersalah atas tuduhan yang sama.
Mantan anggota politbiro Dinh La Thang, mantan ketua PetroVietnam lainnya, pada 2018 dijatuhi hukuman 18 tahun karena melanggar peraturan negara.

Pada tahun 2021 komite anti-korupsi mendisiplinkan 618 anggota partai karena “korupsi atau kesalahan yang disengaja”.

Ia juga melaporkan menuntut 390 kasus korupsi dan memulihkan setidaknya US$400 juta aset.

AKAN ADA LEBIH BANYAK?

Kampanye tidak menunjukkan tanda-tanda melambat.

Komite Sentral Partai Komunis pada 10 Mei mengumumkan pembentukan komite pengarah antikorupsi di setiap provinsi.

Dalam pidatonya tahun lalu, Trong merujuk “moralitas” sekitar 40 kali dan mengatakan bahwa dia telah memerintahkan tindakan yang lebih “agresif, drastis dan cepat” dalam memerangi korupsi.

Tran Khanh Hien, kepala penelitian di VnDirect Securities, mengatakan langkah pemerintah tahun ini telah meningkatkan kepercayaan di kalangan investor asing.

Namun dia menambahkan mereka juga ingin melihat “seberapa gigih dan serius pihak berwenang”.

Sumber: Bloomberg/Henafri

banner selamat menunaikan ibada puasa

banner selamat menunaikan ibada puasa

banner selamat menunaikan ibada puasa

hari santri nasinonal

Tinggalkan Balasan