Riset : Visualisasi Perkembangan Agama Dunia, Islam Makin Berkembang Pesat

Memvisualisasikan Agama Paling Populer di Dunia

JAKARTA GESAHKITA COM—-Menurut beberapa perkiraan, ada lebih dari 4.000 agama , kelompok kepercayaan, dan denominasi yang ada di seluruh dunia saat ini. Para peneliti dan akademisi umumnya mengkategorikan agama-agama dunia ke dalam lima kelompok besar: Kristen, Islam, Budha, Hindu, dan Yudaisme.

Dinukil Dari laman berbahasa Inggria Visual Capitalist yang memvisualisasikan agama-agama paling populer di seluruh dunia, menggunakan data terbaru yang tersedia dari demografi dunia Index Mundi .

Dijelasknya, Selain lima kelompok agama besar, grafik tersebut mencakup dua kategori lagi: satu untuk kelompok agama-agama Rakyat dan satu lagi untuk orang-orang yang tidak terafiliasi dengan suatu agama.

Agama dengan Pengikut Terbanyak
Meskipun jumlah orang yang mengikuti suatu agama telah menurun dalam beberapa dekade terakhir, 82,8% dari populasi global masih mengidentifikasikan diri dengan salah satu agama besar dunia.

Berikut adalah rincian agama paling populer, yang diurutkan berdasarkan jumlah pengikutnya sebagai persentase dari populasi dunia:

Foto Sumber visual capitalist
Foto Sumber visual capitalist

Kekristenan memiliki pengikut terbesar dengan sekitar 31% dari populasi global. Muslim merupakan kelompok agama terbesar kedua, terhitung 23,2% dari populasi dunia.

Sekitar 16,4% dari populasi global tidak berafiliasi dengan agama. Angka ini melebihi persentase orang yang menganut agama Hindu (15%), Buddha (7,1%), Agama Rakyat (5,9%), atau Yudaisme (0,2%).

Agama-Agama Dunia dari Terlama hingga Terbaru

Hindu dianggap sebagai agama tertua di dunia, yang berasal dari Lembah Sungai Indus (Pakistan modern) sekitar 7000 SM

Sementara Yudaisme datang setelah Hinduisme, itu dianggap yang tertua dari tiga agama Ibrahim monoteistik, membuatnya lebih tua dari Kristen dan Islam.

Itu dimulai sekitar tahun 2000 SM di Levant Selatan (Israel modern, Palestina, dan Yordania). Sebaliknya, Kekristenan didirikan pada abad ke-1 dan dimulai sebagai gerakan dalam Yudaisme.

Para cendekiawan biasanya memperkirakan penciptaan Islam pada abad ke-7 , menjadikannya yang termuda dari agama-agama besar dunia dalam daftar ini. Islam didirikan di Mekah (sekarang Arab Saudi).

Salah satu agama yang tidak termasuk dalam daftar ini adalah Sikhisme. Didirikan pada akhir abad ke-15 , itu relatif baru, terutama dibandingkan dengan agama lain seperti Hindu atau Yudaisme. Namun, meskipun baru, Sikhisme memiliki banyak pengikut—menurut beberapa perkiraan, ada lebih dari 25 juta Sikh di seluruh dunia.

Apa itu Agama Rakyat?

Sebuah agama rakyat didefinisikan sebagai praktek etnis atau budaya yang ada di luar doktrin teologis agama terorganisir.

Kurangnya teks-teks suci, agama-agama Rakyat lebih mementingkan spiritualitas daripada ritual atau ritus. Contoh agama Rakyat termasuk tradisi penduduk asli Amerika, agama rakyat Cina, dan agama tradisional Afrika.

Karena agama-agama rakyat kurang dilembagakan, mereka sangat menantang untuk diukur dan sering kali dikecualikan dari survei. Dengan demikian, diperkirakan 5,9% dari populasi global (sekitar 430 juta orang) menganut agama Rakyat.

Agama dengan Pertumbuhan Terpesat
Sementara Islam adalah yang terbaru dari lima besar agama, saat ini juga merupakan salah satu yang tumbuh paling cepat di dunia . Untuk konteksnya, inilah perkiraan persentase perubahan di antara tujuh kategori agama, antara tahun 2015 dan 2060:

Foto Sumber visual capitalist
Foto Sumber visual capitalist

Pertumbuhan pesat Islam berarti mungkin melampaui agama Kristen sebagai agama terbesar di dunia dalam setengah abad ke depan. Apa yang menyebabkan pertumbuhan ini?

Menurut Pew Research Center, alasan utamanya hanyalah demografi—rata-rata, wanita Muslim memiliki 2,9 anak , sedangkan rata-rata semua non-Muslim adalah 2,2 .

Muslim juga terkonsentrasi di Afrika dan Timur Tengah, dua wilayah yang diprediksi memiliki peningkatan populasi tertinggi dalam beberapa dekade mendatang

Sumber Visual Capitalist

banner selamat menunaikan ibada puasa

banner selamat menunaikan ibada puasa

banner selamat menunaikan ibada puasa

hari santri nasinonal

Tinggalkan Balasan