selamat menunaikan ibadah puasa selamat menunaikan ibadah puasa selamat menunaikan ibadah puasa hari jadi kota pasuruanisra miraj hut oku selatan, hari jadi oku selatan

Terbentuknya Kecamatan Talang kelapa Banyuasin Sumsel Tahun 2002

BANYUASIN, GESAHKITA.COM

Kecamatan Talang Kelapa Saat Ini Dipimpin Salinan.SOS.Merupakan salah satu Kecamatan yang berada di Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Luas wilayah Kecamatan Talang Kelapa yakni 962117 hektare dengan jumlah penduduk saat ini tercatat sebanyak 140.359 jiwa.

Kecamatan Talang Kelapa memiliki 6 kelurahan induk dan 7 kelurahan pemekaran yakni kelurahan:

1. Sukajadi

2. Sukajadi Timur

3. Sukamoro

4. Rawamaju

5. Tanah Mas

6. Tanah Mas Indah

7. Air Batu

8. Air Batu Jaya

9. Ken ten

10. Azhar Permai

11. Sei Sedapat

12. Talang Keramat

13. Keramat Jaya

Tak hanya kelurahan, Kecamatan Talang Kelapa juga memiliki 6 desa definitif dan 1 desa persiapan yakni:

1. Desa Talang Bulu

2. Sungai Rengit

3. Pangkalan Benteng

4. Gasing

5. Sungai Rengit Murni

6. Ken ten Laut

7. Ken ten Jaya (Desa persiapan)

Awalnya Kecamatan Talang Kelapa adalah bagian dari Kabupaten Musi Banyuasin.

Wilayah yang mencakup kawasan Talang Kelapa, Tanjung Lago, dan sembilan kelurahan yang sekarang ada di wilayah kota Palembang, yakni Kelurahan Talang Betutu, Alang Alang Lebar, Srijaya, Sukamaju, Sako, Sukarame, Talang Jambi, Talang Kelapa.

Sebelum dimekarkan beberapa kawasan Kecamatan Induk Talang Kelapa tercatat memiliki 19 desa, dan pusat pemerintahan berada di Kelurahan Sukarame dimana sekarang masuk dalam wilayah Palembang.

Pengambilalihan sembilan desa di wilayah Musi Banyuasin ke Kota Palembang sekitar tahun 1998, maka pusat pemerintahan kecamatan dipindahkan pemerintah Kabupaten Muba ke kawasan Desa Sukajadi.

Pada tahun 2002 Kabupaten Musi Banyuasin mulai dimekarkan menjadi Kabupaten Banyuasin.

Pada saat itulah Kecamatan Talang Kelapa masuk bagian dari kecamatan pemekaran Kabupaten Banyuasin.

Di masa-masa awal pemekaran Kabupaten Banyuasin, seluruh kawasan Tanjung Lago merupakan bagian dari Kecamatan Talang Kelapa.

Namun pada pemerintahan Kabupaten Banyuasin, kecamatan ini dimekarkan dua wilayah, Kecamatan Talang Kelapa dan Kecamatan Tanjung Lago.

Pasca pemekaran Kecamatan Talang Kelapa, menyisakan 7 wilayah desa dan kelurahan yakni Kelurahan Ken ten, Desa Gasing, Kelurahan Sukajadi, Kelurahan Sukamoro, Kelurahan Air Batu, Desa Pangkalan Benteng, dan Desa Sungai Rengit.

Demikian Sedikit Info terbentuknya Kecamatan Talang kelapa

 

Info Banyuasin Bangkit