selamat menunaikan ibadah puasa selamat menunaikan ibadah puasa selamat menunaikan ibadah puasa hari jadi kota pasuruanisra miraj hut oku selatan, hari jadi oku selatan
Asia, News  

Blinken akan mengunjungi Manila setelah perjalanan ke Korea Selatan

Blinken photo credited AFP

Blinken akan mengunjungi Manila setelah perjalanan ke Korea Selatan

SEOUL. GESAHKITA COM— Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken tiba pada hari Minggu di Korea Selatan pada perhentian pertama tur singkat Asia juga termasuk Filipina, ketika Washington bergerak untuk memperkuat hubungan dengan dua sekutu regional utama.

Blinken mendarat pada Minggu sore menjelang KTT Demokrasi ketiga pada hari Senin, sebuah inisiatif dari Presiden AS Joe Biden, yang akan diselenggarakan di Seoul minggu ini.

Sebelum tiba di Seoul, Blinken singgah sebentar di Bahrain, di mana ia berbicara dengan Raja Hamad bin Isa Al-Khalifa tentang upaya mencapai gencatan senjata di Gaza.

KTT tersebut, yang berlangsung dari tanggal 18 hingga 20 Maret akan mempertemukan pejabat pemerintah, LSM, dan anggota masyarakat sipil.

Seoul adalah salah satu sekutu regional utama Washington, dan Amerika Serikat telah menempatkan sekitar 27.000 tentara Amerika di Korea Selatan, untuk membantu melindungi negara tersebut dari Korea Utara yang mempunyai senjata nuklir.

Presiden konservatif Seoul Yoon Suk Yeol telah meningkatkan hubungan dengan Washington dan berusaha mengubur sejarah dengan bekas kekuatan kolonial Jepang untuk lebih waspada terhadap ancaman Pyongyang.

Blinken akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Korea Selatan Cho tae-yul, kata kementerian itu, untuk berdiskusi mengenai cara meningkatkan aliansi tersebut, sementara Washington dan Seoul menjajaki cara meningkatkan pencegahan yang diperluas terhadap Korea Utara.

KTT demokrasi menuai sejumlah kritik karena daftar undangannya yang selektif, yang mengecualikan negara-negara yang menganggap diri mereka demokratis, seperti Thailand dan Turki.

Setelah Seoul, Blinken menuju ke Manila, sebuah perjalanan yang akan menegaskan kembali “komitmen teguh kami terhadap sekutu Filipina tersebut,” menurut juru bicara Departemen Luar Negeri Matthew Miller.

Dia akan berbicara dengan para pejabat setempat termasuk Presiden Ferdinand Marcos Jr., mengenai isu-isu yang melibatkan Tiongkok dan Laut Cina Selatan yang kemungkinan besar akan menjadi agenda utama.

AS melipatgandakan upaya untuk meningkatkan hubungan jangka panjang dengan sekutu regional seperti Manila, dalam upaya untuk mengimbangi Tiongkok.

 

Beijing baru-baru ini menuduh Washington menggunakan Filipina sebagai “pion” dalam sengketa Laut Cina Selatan, setelah serangkaian bentrokan di sekitar pulau-pulau kecil yang diperebutkan di perairan tersebut.

Tiongkok mengklaim hampir seluruh jalur perairan tersebut, mengesampingkan klaim-klaim yang bersaing dari sejumlah negara Asia Tenggara dan keputusan internasional yang menyatakan pendiriannya tidak berdasar.

Laut Cina Selatan secara strategis penting bagi beberapa negara – termasuk Tiongkok – yang menyediakan jalur utama untuk impor dan ekspor bahan bakar penting, makanan, dan barang-barang lainnya.

Tiongkok telah mengembangkan kekuatan angkatan lautnya dengan pesat dalam beberapa tahun terakhir, dan merebut sebagian besar wilayah maritimnya, dengan harapan dapat memproyeksikan kekuatan militer dan politiknya jauh di luar wilayah negaranya.

ALIH bahasa gesahkita sumber times manila