hari jadi kota pasuruanisra miraj hut oku selatan, hari jadi oku selatan

Ramlan Holdan: Perda Inisiatif Pesantren Langkah Terbaik Kembangkan Potensi Santri

PALEMBANG, GESAHKITA COM – Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sumatera selatan berkomentar  soal Rencana Peraturan Daerah ( RaPerda) Inisiatif tentang pesantren yang sudah diusulkan serta saat ini sedang digodok.

” Perda Inisiatif tentang pesantren yang saat ini dalam proses penggodokan di DPRD Provinsi Sumatera selatan merupakan salah satu langkah terbaik dalam mengembangkan dunia pendidikan terutama pesantren yang ada di Sumatera selatan,” Tutur Ramlan saat ditemui, Selasa (26/01/2021)

Ramlan menuturkan akan orientasi awal  pesantren yang banyak didirikan oleh para kiai kala itu dikhususkan hanya menjadi tempat pembelajaran segala seluk beluk Agama saja dengan segala kurikulum dan outputnya untuk membentuk manusia manusia yang berkemampuan agamais.

Namun itu dulu, maka dengan berjalan nya waktu dan perkembangan serta tantangan yang ada saat ini pesantren diakui semua pihak  tidak hanya tempat mempelajari agama semata lebih dari itu pesantren merupakan tempat dimana semua bisa mempelajari ilmu dunia lainnya, kata Ramlan

Bahkan dalam kesempatan ini juga Ramlan mengingatkan untuk tidak boleh memandang sebelah mata akan peran penting  Santri melalui pendidikannya di pesantren dari mulai semenjak sebelum kemerdekaan hingga saat ini, telah terbukti berhasil mencetak pemimpin – pemimpin Indonesia.

” Perlu diingat banyak Pahlawan Nasional yang lahir dari pesantren yang menjadi barisan terdepan merebut kemerdekaan bangsa Indonesia ada beberapa nama besar seperti KH.Hasyim Asyari sebagai pendiri Nahdatul Ulama (NU), KH. Ahmad Dahlan (Pendiri Muhammadiyah), dan beberapa nama lain seperti KH. Wahid Hasyim hingga bahkan setelah kemerdekaan lahir pemimpin yang menjadi  Presiden Republik Indonesia KH. Abdurahman Wahid atau akrab di panggil Gusdur yang sekarang dianggap sekarang Bapak Demokrasi dan tentunya saat ini pesantren kembali membuktikan kualitasnya melahirkan pemimpin untuk Indonesia terbukti KH. Ma’ruf amin yang saat ini menjabat wakil Presiden,” urai Ramlan

Ditambahkan Ramlan, Dengan begitu besar potensi yang dimiliki pesantren sudah seharusnya mendapat perhatiaan khusus baik di pusat atau didaerah, perlu diingat dari pesantren selalu menghasilkan ulama ulama berkualitas yang tentunya tidak hanya akan mengajarkan agama dan akhlaq, tidak hanya akhlaq sebagai hamba Allah tapi juga akhlaq sebagai manusia yang mencintai negaranya, tegas Ramlan

 

Dengan  begitu, Ramlan mengharapkan agar Perda Inisiatif Pesantren Sumatera selatan dapat segera disahkan oleh pemerintah karena saat memang sangat diperlukan dalam pengembangan pesantren yang ada.

” Semoga Perda Inisiatif ini dapat disahkan karena memang sangat diperlukan dalam pengembangan dunia pendidikan terutama untuk pondok pesantren, satu hal lagi kita harus bisa membangkitkan semangat Spiritual keagamaan menjadi modal dasar terciptanya perdamaian”, tutup Ramlan (Irfan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *