hari jadi kota pasuruanisra miraj hut oku selatan, hari jadi oku selatan

Kalender Wisata Palembang Dinilai SMB IV Baik, Berpesan Tetap Waspadai Kesehatan

Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama R M Fauwaz Diradja SH Mkn bersama pihak terkait dan Dinas Pariwisata Kota Palembang saat meluncurkan Calendar of Charming Events Palembang 2021, di Hotel Aston Rabu (3/2).

SMB IV Dukung Calender Of Charming Events  Palembang 2021 Dengan Tetap Kedepankan Prokes

PALEMBANG, GESAHKITA COM–Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama R M Fauwaz Diradja SH Mkn mengapresiasi langkah Dinas Pariwisata kota Palembang saat menghadiri  kegiatan Dinas Pariwisata Kota Palembang meluncurkan Calendar of Charming Events Palembang 2021, di Hotel Aston Rabu (3/2).

Sultan menilai bahwa kegiatan tersebut  bagus karena tujuannya untuk meningkatkan pariwisata yang sedang jatuh akibat corona dan Sultan selain itu mengingatkan  bagaimana pemerintah kota Palembang menanggapinya tetap mengedepankan protokol kesehatan (Prokes).

“Jangan sampai kita mengabaikan social distancing, mengabaikan protokol kesehatannya, protokol kesehatan harus tetap di jaga, jadi kita harus mensiasati di era new normal saat ini,” kata SMB IV.

Dalam hal ini dirinya sangat setuju sebab dengan mendukung  sektor wisata Palembang sektor ekonomi akan mulai membaik dan bahkan bisa meningkat.

“Jika perekonomian Palembang jatuh nanti akan berdampak kepada kriminalitas yang tinggi,”cetus Sultan.

Bagi Sultan apapun itu kegiatan nya jika akan berdampak ekonomi yang meningkat maka kriminalitas akan berkurang.  Selian itu ia juga berpesan sembari membangkitkan ekonomi tetap kita harus tetap mewaspadai kesehatan.

“ Silahkan memilih program pariwisata apa yang bisa membangkitkan ekonomi kita,” katanya.

Sedangkan Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Isnaini Madani mengatakan aktivitas pariwisata di kota itu sempat terhenti lantaran virus Covid-19 merebak pada tahun lalu.

“Padahal kami sudah menyusun 101 event pada tahun 2020, namun pandemi membuat semua acara tertunda. Tahun ini, kami luncurkan lagi kalender events di Palembang untuk membangkitkan sektor pariwisata,” katanya .

Isnaini mengatakan pihaknya meyakini sektor pariwisata tahun ini bisa lebih baik, apalagi telah ada protokol kesehatan Covid-19 yang disusun pemerintah. Protokol kesehatan tersebut menjadi faktor utama untuk penyelenggaraan kegiatan selama masa pandemi.

“Kami berupaya menyeimbangkan upaya menekan penyebaran pandemi dengan memulihkan sektor pariwisata, agar kita dapat terhindar dari kesulitan ekonomi,” jelasnya.
Dia memaparkan puluhan kegiatan yang telah terdaftar itu dari berbagai bidang, mulai dari seni dan budaya hingga event olahraga.
Menurutnya dari 71 agenda yang bakal dihelat, terdapat 10 agenda yang masuk kategori Top 10 events di Kota Palembang, yakni sepekan seni Palembang, bidar mini, festival Palembang nian dan Festival Sriwijaya.

Kemudian ada pula Palembang international expo 2021, Palembang triathlon, pemilihan bujang gadis Palembang, lomba bidar mini, lomba bidar tradisional dan lomba fotografi serta animasi games.

“Harapannya event-event itu bisa meningkatkan angka kunjungan wisatawan dan pendapatan asli daerah (PAD) Kota Palembang dari sektor pariwisata,” katanya.
Sementara itu Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Palembang Sodikin menambahkan pihaknya sudah memastikan penyelenggara kegiatan menerapkan protokol kesehatan.
“Kami juga pastikan pengelola destinasi wisata juga telah mendapatkan sertifikasi CHSE (cleanliness, health, safety, environment sustainability),” katanya.
Berdasarkan data yang dikutip dari situs resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, terdapat 151 usaha tersertifikasi CHSE dari kementerian tersebut.(ril/goik)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *