hari jadi kota pasuruanisra miraj hut oku selatan, hari jadi oku selatan

Kasat Pol PP : Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 10 Tahun 2009, Ada Tentang LINMAS

BANYUASIN, GESAHKITA COM — Guna menjadikan wilayah yang aman, nyaman dan tentram, Kecamatan Suak Tapeh bersama Satpol PP Banyuasin menjalin kerjasama dengan pihak terkait salah satunya dengan Pihak Koramil Betung dan Pihak Polsek Betung dalam rangka pelatihan Aparatur Linmas.

Aparatur Linmas sendiri sangat berperan penting di dalam menjaga perlindungan masyarakat di wilayah sekitarnya, selain itu banyak warga yang hanya melihat linmas atau sering mereka sebut dengan Hansip yaitu suatu tugas untuk pertahahan sipil saja.

Agar Aparatur Linmas memiliki kapasitas yang baik di dalam menjalankan tugas menjaga ketentraman wilayahnya masing – masing, untuk itu diadakan sebuah pelatihan Pembinaan Linmas yang bertujuan memberikan pemahaman dibidang pengamanan dan pertahanan dalam rangka menciptakan ketentraman dan ketertiban lingkungan desa.

Acara yang bertempat di halaman Kantor Kecamatan Suak Tapeh tersebut di buka langsung oleh Kasat Pol PP Banyuasin Drs. H. Indra Hadi, M.Si didampingi Kabid Linmas Satpol PP Banyuasin Mulyadi, Camat Suak Tapeh Sashadiman Ralibi, S.Sg., M.Si, Kanit Binmas Polsek Betung Hartono, Bhbinsa Koramil Betung Pelda Sunarko dan Puluhan Linmas dari 11 desa dalam wilayah Kecamatan Suak Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan. Kamis, (18/2/2021).

Dalam sambutannya Kasat Pol PP Banyuasin Drs. H. Indra Hadi, M.Si mengatakan bahwa Pengertian Satuan Perlindungan Masyarakat dapat ditemukan pada Peraturan menteri Dalam Negeri Nomor 10 Tahun 2009 tentang Penugasan Satuan Perlindungan Masyarakat Dalam Penanganan Ketenteraman, Ketertiban, Dan Keamanan masyarakat.

“Satuan Perlindungan Masyarakat yang selanjutnya disebut Satuan Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan,” kata dia.

Dikesempatan itu Indra Hadi juga menyampaikan terkait dengan Program Bupati Banyuasin Bangkit Adil dan Sejahtera. ” Kita harus mengapresiasi dengan kenerja Bapak Bupati dan Wakil Bupati Banyuasin yang mana dimasa kepemimpinan beliau pembangunan infrastruktur jalan terus digenjot dan tahun ini di wilayah Kecamatan Suak Tapeh salah satunya Jalan Lubuk Lancang – Petaling akan segera di bangun,” ujar dia.

Sementara dalam sambutan nya Camat Suak Tapeh Sashadiman Ralibi, S.Ag., M.Si menekankan adanya wilayah yang kondusif dan nyaman dalam segala situasi dan kondusi di wilayah masing-masing dalam Kecamatan Suak Tapeh.

“Tujuan dari diadakan pelatihan ini adalah untuk meberikan ilmu tentang pengamanan dan pertahahanan di wilayah desanya masing – masing,” ungkap dia.

Lanjut dia, misalnya dalam proses pemilu menciptakan kondisi yang aman dan nyaman, meskipun diwilayah Kecamatan Suak Tapeh merupakan wilayah yang yang aman, nyaman dan kondusif setiap ada pesta demokrasi pemilu.

“Tetapi guna untuk mengantisipasi kedepannya maka perlunya diadakan pelatihan dan pembinaan Linmas agar sigap dalam masalah lainnya misalnya jika diwilayah ada tindakan kriminal dan dapat tertangani secepatnya” tutur dia.

Pada pelatihan dan pembinaan linmas diberikan beberapa materi yang terkait dengan pengamanan, pertahanan, ketertiban, dan aspek-aspek dalam mengatasi masalah tindakan kriminal maupun non kriminal diwilayah masing-masing. Materi sosialisasi undang-undang dan tugas atau peranan Linmas ole Kanit Binmas Polsek Betung Aiptu Hartono.

Aiptu Hartono mengatakan sebagai seorang Linmas wajib memiliki jiwa dan semangat dalam melindungi wilayahnya agar selalu aman dan nyaman dan membantu Bhabinkhamtibmas dan Bhabinsa dalam menciptakan ketentraman dan ketertiban di wilayah.

“Saling bersinergi antara masyrakat sipil dengan POLRI dan TNI. Karena kenyamanan dan ketertiban merupakan kunci utama dalam bermasyarakat agar tidak menimpulkan perselisihan dan konflik satu sama yang lainnya”kata dia.

Selain sosialisasi mengenai perlindungan dan ketertiban, peserta juga mendapakatkan ilmu pelatihan dasar PBB oleh Bhabinsa Koramil Betung Pelda Sunarko. “Gerakan PBB merupakan suatu gerakan yang dapat menumbuhkan sikap jasmani yang tegap tangkas, rasa disiplin dan rasa tanggung jawab,” kata dia.

Selain itu lanjut dia, Gerakan PBB menumbuhkan rasa disiplin itu mengutamakan kepentingan tugas diatas kepentingan pribadi dan rasa tanggung jawab adalah keberanian untuk bertindak yang mengandung resiko terhadap dirinya. “Tetapi menguntungkan tugas dan tidak melakukan tindakan-tindakan yang dapat merugikan. Maka sikap tersebut di perlukan oleh seorang Linmas” tegas dia. (Indera)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *