hari jadi kota pasuruanisra miraj hut oku selatan, hari jadi oku selatan
Muba, News  

Buka Panen Raya, Dodi Nobatkan Ngulak Sanga Desa Lumbung Pangan Muba

Ngulak Sanga Desa Lumbung Hasilkan 1.600 Ton Padi Per Tahun

SEKAYU, GESAHKITA COM – Pemkab Musi Banyuasin menobatkan Kelurahan Ngulak Kecamatan Sanga Desa sebagai salah satu lumbung pangan di Kabupaten Musi Banyuasin, sebab  Kecamatan ini memiliki cadangan pangan strategis berupa padi sebanyak 1.600 ton per tahun nya.

Hal ini sebagaimana terungkap saat Bupati Muba, Dodi Reza Alex pimpin langsung kegiatan Panen Raya Padi Kampung Tangguh Musi Sanga Desa sekaligus Silaturahni  dengan Tokoh Masyarakat yang ada di Kecamatan Sanga Desa, Rabu (3/3/2021).

Hadir dalam kegitan tersebut antara lain Bupati Musi Banyuasin Dr H Dodi Reza Alex Noerdin, Lic Econ MBA beserta jajaran OPD, Kapolres Musi Banyuasin AKBP Erlin Tangjaya, SH SiK, Dandim 0401/Muba Letkol Arh Faris Kurniawan, SST MT, serta puluhan tokoh masyarakat dan petani yang ada di Kelurahan Ngulak Kecamatan Sanga Desa.

Bupati sebut, “Jika kebun sawit dan karet luas tentu sudah lumrah, namun untuk padi sawah  tidak banyak daerah yang memiliki lahan terbentang luas, “ungkap nya dalam sambutannya.

Dodi merasa dan melihat  kebanggaan masyarakat, sebab sawah lebakdi Mubabisa  menghasilkan hasil berlimpah dalam tiap tahunnya.

“Pastinya kebangga sendiri bagi warga Sanga Desa, tidak disangka sawah lebak saja di Muba ini bisa panen sampai tiga kali dalam setahun. Saya ucapkan selamat kepada para petani di Kecamatan Sanga Desa atas keberhasilan menanam padi di lahan seluas 141 hektar yang mampu menghasilkan kurnag lebih 1.600 ton beras, dipanen tiga kali dalam satu tahun” Dodi mengimbuhkan.

Oleh sebab itu, melihat keberhasilan ini,  dirinya selaku Pemkab selalu siap memenuhi segala sesuatu yang dibutuhkan para petani di wilayah itu sehingga hasil bisa dipertahankan bakan bisa ditingkatkan lagi.

“Jadi bapak ibu apa apa saja  yang kurang dari dinas  untuk kebutuhan para petani di Sanga Desa ini kedepan nanti kita akan lengkapi,” cetus nya.

Ia pun mengemukakan impian nya, bukan tidak mungkin Sanga Desa bisa disebut lumbung pangan kabupaten Musi Banyuasin.

“Tidak ada yang tidak mungkin  Kecamatan kita ini menjadi lumbung pangan bukan hanya di tingkat Kecamatan Sanga Desa tapi di Kabupaten Muba,”tegas Dodi diakhir sambutannya itu.

Hal senada dengan Kapolres Muba AKBP Erlin Tangjaya SH SIk, menyebutkan, aspek penilaian tertinggi Kampung Tangguh adalah program ketahanan pangan, Kelurahan Ngulak mampu menjadi cadangan strategis pangan di Kabupaten Muba hingga cadangan strategis nasional dengan luasan wilayah 141 hektar.

“Sehingga mampu menjadi daya ungkit untuk meningkatkan kemandirian dan daya saing ekonomi dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional,” ucapnya.

Sementara itu, di tempat yang sama Camat Kecamatan Sanga Desa Hendrik, SH MSi menjelaskan bahwa di Kecamatan Sanga Desa sendiri luas lahan persawahan mencapai 2.046 hektare dan 65 persen nya sudah melaksanakan IP 200 sedangkan 15 persen lainnya sudah melaksanakan IP 300.

“Khusus di Kelurahan Ngulak sendiri ada 141 hektare lahan persawahan dengan 80 persen sudah IP 200, yang kita panen hari ini di lahan persawahan Rangkawe ada sekitar 40 hektare dengan hasil panen sebanyak 6,5 ton per hektar gabah kering panen,” jelasnya.

Lurah Kelurahan Ngulak Zulham, SIP saat dibincangi mengatakan bahwa dirinya sangat berterima kasih atas kerja keras petani sehingga Kelurahan Ngulak bisa menjadi salahsatu lumbung pangan di Kabupaten Muba.

“Ini tidak lepas dari kerja keras para petani, sehingga dengan pembinaan yang berkelanjutan dari pemerintah dan pihak terkait akhirnya lahan persawahan yang ada bisa menghasilkan hasil yang maksimal,” tutupnya. (zer)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *