Mengalami Tekanan Darah Tinggi Coba Tumbuhan Alang Alang

  • Whatsapp
tumbuhan alang alang (credited wiki)

JAKARTA, GESAHKITA COM–Penyakit tekanan darah tinggi alias hipertensi salah satu penyakit yang umum diderita masyarakat. Sebab mengalami tekanan darah tinggi diketahui karena pola hidup, penyakit ini memang tidak menular tapi bisa menyerang siapa saja. 

Seseorang yang menderita tekanan darah tinggi harus segera ditangani. Bila dibiarkan, tekanan darah tinggi akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Bacaan Lainnya

Dilansir  times, berdasarkan data WHO seseorang dikatakan menderita tekanan darah tinggi bila tekanan darah sistolik lebih dari 140 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih dari 90 mmHg.

Seperti diketahui, tekanan darah tinggi muncul karena dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya adalah gaya hidup tidak sehat. Makanan yang mengandung garam tinggi juga meningkatkan risiko tekanan darah tinggi.

Akibat dari Kurang tidur, obesitas, konsumsi kafein berlebihan juga bisa meningkatkan seseorang menderita tekanan darah tinggi.

Ketika seseorang mengalami tekanan darah tinggi kumat, penderita akan menunjukkan sejumlah gejala seperti, Sakit kepala, Mimisan, Susah tidur, Berkeringat, Wajah memerah, Gelisah, Pusing serta jantung berdebar.

Seperti biasanya, penderita akan mengonsumsi obat resep dokter untuk menurunkan tekanan darah tingginya. Opsi lainnya, penderita bisa mengonsumsi obat herbal untuk meredakan tekanan darah tinggi.

Sebenarnya ada cukup banyak tanaman dan rempah yang dipercaya ampuh menurunkan tekanan darah tinggi, alang- alang salah satunya.

Tumbuhan jenis Alang-alang obat darah tinggi herbal

Seperti diketahui Alang-alang merupakan tanaman liar yang banyak tumbuh di pekarangan atau sawah. Meski tumbuh liar, alang-alang banyak dimanfaatkan sebagai tanaman herbal yang mampu menyembuhkan sejumlah penyakit.

Banyak yang tidak mengetahui sebenarnya, alang-alang dimanfaatkan sebagai obat herbal penurun tekanan darah tinggi sudah sejak lama.

Seperti dilansir berbagai sumber salah satu nya jurnal berjudul Studi Literatur untuk Memperoleh Dasar Ilmiah Penggunaan Akar Alang-alang sebagai Ramuan Jamu untuk Penyembuh Beberapa Penyakit di Rumah Riset Jamu Hortus Medicus, alang-alang mengandung banyak mineral dan senyawa aktif.

Alang-alang mengandung flavanoid, terpenoid, fenol, tanin, glikosida, kumarin, antosianin, kuinon, asam, steroid, dan alkaloid.

Sperti juga dikutip dari buku berjudul Tanaman Obat & Jus untuk Asam Urat & Rematik, bagian alang-alang yang dimanfaatkan sebagai obat penurun tekanan darah tinggi adalah akarnya.

Berikut cara mengolah akar alang-alang agar sebagai obat herbal tekanan darah tinggi. 

Bahan 

Akar alang-alang kering 30-60 gram 

Air 4 gelas 

Kemudian Kamu rebus akar alang-alang kering dengan empat gelas air sampai mendidih dan menyisahkan air 1,5 gelas. Anda dinginkan air rebusan akar alang-alang terus kemudian saring. Lalu kamu minum air rebusan alang-alang tersebut setengah gelas tiga kali sehari.  Bukan hanya minum air rebusan alang-alang, penderita darah tinggi sebaiknya rutin olahraga untuk mengontrol tekanan darah. (red)

 

Pos terkait

pempek palembang, jual pempek palembang

Tinggalkan Balasan