hari jadi kota pasuruanisra miraj hut oku selatan, hari jadi oku selatan

Pemdes Rawa Banda Tuntaskan Pembangunan Pos Jaga Aman Covid-19

BANYUASIN, GESAHKITA COM—Pemerintah Desa (Pemdes) Rawa Banda telah menyelesaikan pembangunan Pos jaga aman Covid-19 yang berukuran 2,5×2,5 M dengan menggunakan Dana Desa (DD) tahun 2021, tepatnya di depan Kantor Desa Rawa Banda Kecamatan Pulau Rimau, Banyuasin Sumatera Selatan.

Perlu diketahui bahwa Menteri telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) nomor 8 tahun 2020 tentang desa tanggap Covid 19 dan penegasan PKTD. Surat edaran ini jadi acuan dalam pelaksanaan Desa Tanggap Covid-19 dan pelaksanaan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) dengan menggunakan dana desa.

Dalam SE disebutkan terkait pembentukan Relawan Desa Covid-19 dengan struktur dan tugas diketuai oleh Kepala Desa dengan wakilnya ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Sebagai mitra disebutkan meliputi Bhabinkamtibmas, Bhabinsa dan Pendamping Desa.

Kepala desa (Kades) Joko Sutopo mengatakan dalam hal ini memang dari anggaran dana desa tahun 2021 tersebut digunakan dari dana 8% untuk penanganan penyebaran Covid-19, salah satunya pembangunan pos jaga aman Covid-19 yang merupakan bagian dari upaya pencegahan meluasnya penyebaran wabah virus Corona ke desa.

“Pos jaga tersebut nantinya disiapkan relawan desa yang telah dibentuk untuk memantau keluar masuk warga perantau ke desa. Agar warga yang keluar masuk desa dalam kepentingan apa pun, harus tercatat dan terdata dengan jelas,”Ungkap Kades Sutopo panggilan akrabnya saat dikonfirmasi di kediamannya, Sabtu (15/05/2021).

Selain itu Sutopo menegaskan bahwa hal terpenting yang menjadi tugas pos jaga desa adalah memonitor dan melakukan pemeriksaan terhadap warga desa yang baru pulang dari rantau, Seperti contoh dari luar kota.

“Yang perlu disediakan oleh pos jaga tersebut seperti formulir, alat penyemprotan disinfektan, cairan pembersih tangan (hand sanitizer), alat kesehatan untuk deteksi dini dan lainnya.”Pungkas nya.(ind)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *