hari jadi kota pasuruanisra miraj hut oku selatan, hari jadi oku selatan

Pemdes Air Senggeris Salurkan BLT-DD 2021

BANYUASIN, GESAHKITA COM — Pemerintah Desa (Pemdes) Air Senggeris Bagikan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap satu ke 26 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada Sabtu (8/05/2021) lalu, bertempat di Kantor Desa Air Senggeris Kecamtan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan PMK No.222 Tahun 2020 Tentang Pengelolaan Dana Desa Tahun Anggaran 2021 besaran BLT- DD ditetapkan sebesar Rp. 300.000.- untuk bulan pertama sampai dengan bulan ke dua belas Tahun 2021 per keluarga penerima manfaat (KPM).

Hal tersebut dilaksanakan berdasarkan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan dari Dana Desa Tahun 2021, dimana hal ini sudah diaplikasikan dalam perencanaan Desa Air Senggeris baik RPJMDesa, RKPDesa dan APBDesa tahun 2021

Pj. Kades Air Senggeris Herman Edi, SH, mengatakan berdasarkan hasil pendataan tim relawan dan ditetapkan dalam musyawarah desa khusus (Musdesus) penerima BLT-DD yang layak di tetapkan sebanyak 26 KPM yang masuk katagori pakir miskin, janda, duda dan lansia.

Menurut Herman Edi, meskipun saat ini di bulan Mei, akan tetapi BLT-DD yang di salurkan hanya terhitung di bulan Januari dan Februari. Sebab, sesuai dengan mekanisme yang berlaku dengan penyaluran harus diberikan dua bulan alias tidak boleh di rapel.

“Untuk bulan Januari dan Februari selesai kita salurkan, penyaluran tidak boleh di rapel akan kita percepat, setelah selesai penyaluran ini, pelaporan administrasi akan segera kita sampaikan untuk proses penyaluran selanjutnya, semoga cepat kita realisasikan,” kata Herman Edi Ketika dikonfirmasi lewat pesan WhatsApp, Rabu (19/05/2021)

“Gunakan lah dengan baik bantuan tersebut, apalagi di bulan Ramadhan pada saat itu menjelang idul Fitri 1442 H semua kebutuhan pokok mulai merangkak naik, belilah sesuai dengan kebutuhan yang sangat penting dan tetaplah mematuhi Protokol kesehatan sehingga kita semua bisa terhindar dari penyebaran Covid-19,” tutupnya.(ind)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *