Rakor Bunda PAUD Oku Selatan 2021, Ungkap Kepastian Hukum Pelaksanaan PAUD

  • Bagikan
Isyana Popo
Isyana Popo

MUARADUA, GESAHKITA COM–Bunda PAUD Kabupaten OKU Selatan, Isyana Lonetasari Popo,S.H. mengungkapkan Pendidikan anak usia dini merupakan tanggung jawab bersama antara Keluarga dan Pemerintah dalam konteks memberikan kepastian hukum terhadap pelaksanaan paud.

Selain itu disebutkannya juga pemerintah dalam hal ini juga mengeluarkan aturan, pedoman dan standarisasi teknis pelaksanaan paud dalam rangka penjaminan mutu dan perlindungan tumbuh kembangnya masyarakat, mendorong lembaga paud melalui pembinaan dan fasilitasi, memberikan subsidi bagi lembaga yang membutuhkan serta memberikan bantuan teknis dan pelatihan.

Hal tersebut terungkap dalam pidato dan paparannya dimana dalam hal ini Dinas Pendidikan OKU Selatan menggelar Rapat Koordinasi Peningkatan Peran Bunda Paud Kabupaten OKU Selatan Tahun 2021, Senin (04/10/2021).

Dalam kegiatan tersebut juga, Bunda Paud  menyampaikan Program kerja yang telah jalankan sesuai pedoman nasional dan telah dilaksanakan sejak 2017 s.d. sekarang, dengan pencapaian angka partisipasi kasar (apk) paud secara nasional adalah 43%, Kabupaten OKU Selatan telah mencapai 47% berarti telah melampaui batas apk Nasional, jumlah lembaga satuan paud di desa mencapai 97%.

Baca Juga :  Bupati Popo Terima Audiensi Golden Hotel Manajemen Terkait Graha Serasan Seadanan dan Mess Pemda
Bunda Paud Uku Selatan Isyana Popo saat Rakor
Bunda Paud Oku Selatan Isyana Popo saat Rakor

Adapun harapan Bunda Paud OKU Selatan pada puncak apresiasi bunda paud nasional 2021 Kabupaten ogan komering ulu selatan dapat masuk nominasi apresiasi dan terpilih terbaik di tingkat nasional.

“Mari kita bergandengan tangan dan tetap semangat untuk mewujudkan paud berkualitas,” tukasnya.

Sementara itu, dalam laporan Ketua Pelaksana kegiatan Kepala Dinas Pendidikan OKU Selatan Zulfakar Dhani,S.Sos. menyampaikan Rapat koordinasi ini diadakan untuk mengoptimalkan program Paud yang berkualitas, Berlayanan Holistik Integratif dengan berbagai mitra dalam pendampingan pengupayaan peningkatan kepentingan Pendidikan anak usia dini menuju terwujudnya anak Indonesia yang sehat, cerdas, ceria, dan berakhlak mulia.

Sedangkan, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Joni Rafles, AP., M.Si. Pada Rapat Koordinasi ini menyampaikan menyikapi pentingnya pendidikan anak usia dini, pemerintah terus mendorong kesadaran dan partisipasi seluruh lapisan masyarakat untuk mewujudkan layanan paud berkualitas. mengingat besarnya tantangan yang dihadapi, pemerintah membutuhkan dukungan semua pihak salah satu dukungan yang sangat strategis adalah dukungan dan peran bunda paud, mulai dari tingkat nasional sampai tingkat desa dan kelurahan, sebagai motor gerakan nasional paud berkualitas.

Baca Juga :  Terkait Kredit Fiktif : Setelah Pengembangan, Satu Lagi Ditahan Kejati Jatim

“Rapat koordinasi ini utamanya sebagai wahana mendorong peningkatan peran bunda paud tingkat kabupaten untuk mengadvokasi kepada pemangku kepentingan didaerah, kecamatan dan desa dalam rangka menguatkan pemahaman bersama mengenai pentingnya program pendidikan anak usia dini, menguatkan kapasitas bunda paud tingkat kecamatan dan desa, meningkatkan kerja sama demi terwujudnya program pendidikan anak usia dini yang berkualitas,” Jelasnya.

Adapun sumber Pendanaan dalam kegiatan ini dari Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun Anggaran 2021. serta dihadirkan Narasumber Kegiatan berasal dari Pokja Bunda Paud Kabupaten OKU Selatan. Peserta dalam kegiatan ini 100 Peserta terdiri dari Pokja Bunda Paud, Pokja II Tim Penggerak PKK, Bunda Paud Kecamatan dan Desa, Ketua Pkg Paud.

Bertempat di Aula Pemkab OKU Selatan, Mewakili Bupati OKU Selatan Popo Ali M.,B.Com.dihadiri langsung oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Joni Rafles, AP., M.Si. Bunda PAUD Kabupaten OKU Selatan Isyana Lonetasari Popo, S.H., Inspektur, Para Kepala OPD, Para Kepala Bagian setda OKU Selatan, Perwakilan Bunda Paud Kecamatan dan Desa, Ketua Pokja II PKK OKU Selatan, Ketua PGK Paud Se-OKUS, Satgas Covid, Ketua IPI, IGRA, Ketua Himpaudi dan IGTK serta undangan lainnya.

selamat hari santri nasinonal

hari santri nasinonal

Baner HUT Kemerdekaan RI Ke-76

HUT Kemerdekaan RI Ke-76

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan