Prof. Shafwan Hadi Umri pimpin Satupena Sumatera Utara

MEDAN, GESAHKITA COM— Koordinator Perkumpulan Penulis Satupena Satupena wilayah Sumatra Anwar Putra Bayu mewakili Ketua Umum Satupena Indonesia Denny JA, telah mengukuhkan pengurus Satupena Provinsi Sumatera Utara periode 2022-2027 yang dipimpin oleh Prof. Shafwan Hadi Umri di Universitas Islam Sumatera Utara, Medan, Selasa 17 Mei 2022.

Pengukuhan pengurus dihadiri oleh Rektor UISU Dr. Yanhar Jamaluddin, M.AP, Sastrawan senior Sumut Zaidan BS, Jurnalis senior Jaya Arjuna, serta sejumlah penulis, penyair, dan pemusik gambus.

Anwar Putra Bayu selaku koordinator wilayah Sumatera mengatakan bahwa Satupena Sumatera Utara merupakan provinsi yang ke lima dikukuhkan kepengurusannya.

Ketua Umum Satupena, Indonesia Denny JA dalam sambutan tertulis yang dibacakan Koorwil Satupena Sumatera mengungkapkan bahwa banyak penulis sastra yang dilahirkan di tanah Sumatera Utara seperti Sutan Takdir Alisyahbana yang lahir di Mandailing Natal, Amir Hamzah lahir di Tanjung Pura. Kemudian Merari Siregar lahir di Sipirok, Armin Pane lahir di Muara Sipongi dan penyair besar Indonesia Chairil Anwar lahir di kota Medan.

Lima penulis itu, kata Denny JA semuanya berasal dari tanah ini, kelahiran Sumatra Utara. Mereka menjadi tokoh utama generasi penulis Indonesia sejak era Balai Pustaka, Pujangga Baru hingga angkatan 45. Mereka memberi warna tak hanya berbagai isu yang diangkat. Tapi juga warna dalam ekpresi bahasa sastra.

“Bahkan sebelumnya, di tanah ini juga lahir penulis besar Hamzah Fansuri. Di samping sebagai sastrawan, Hamzah Fansuri juga seorang ulama sufi, yang hidup pada abad ke-17.  Ia lahir di  Barus, yang sekarang berada di provinsi Sumatra Utara.” Jelas Denny dalam sambutan tertulis.

Menurut Denny JA,  Ketua Satupena Sumatra Utara dipercayakan kepada Prof. Dr. Shafwan  Hadi Umri. Ia sudah memiliki jejak yang panjang, passion dan pengalaman sebagai penulis. Ia tak hanya menulis soal tradisi lisan, novel sejarah, puisi, tapi juga seorang kritikus. Karyanya tersimpan di 123 perpustakaan.

Di sisi lain, rektor Universitas Islam Sumatera Utara, Dr. Yanhar Jamaluddin, M. AP menyatakan  dukungan terhadap kehadiran serta diadakannya pengukuhan pengurus Satupena Sumut di Kampus UISU.

” Saya menyambut gembira atas peresmian/pengukuhan pengurus Satupena Sumatera Selatan di Kampus UISU. Terlebih lagi dosen-dosen UISU banyak terlibat dalam kepengurusan. Itu artinya Satupena Sumut lebih mudah bersinergi. Apa lagi sudah ditandai dengan penanda tanganan MoU. ” Ujar Rektor UISU.

Acara pengukuhan juga diwarnai dengan penampilan musik orkes Lelawangsa, bedah buku Seni Musik Gambus, dan pemberian cenderamata Seniman Gambus.

banner selamat menunaikan ibada puasa

banner selamat menunaikan ibada puasa

banner selamat menunaikan ibada puasa

hari santri nasinonal

Tinggalkan Balasan