News, World  

Menteri luar negeri China memulai tur Pasifik di Kepulauan Solomon

WELLINGTON, GESAHKITA COM— Menteri Luar Negeri China Wang Yi dan delegasi beranggotakan 20 orang tiba di Kepulauan Solomon Kamis pada awal tur delapan negara yang datang di tengah meningkatnya kekhawatiran tentang ambisi militer dan keuangan Beijing di kawasan Pasifik Selatan.

China mengatakan perjalanan itu dibangun di atas sejarah panjang hubungan persahabatan antara Beijing dan negara-negara kepulauan.

Tetapi Australia bergegas untuk melawan langkah tersebut dengan mengirim Menteri Luar Negerinya sendiri Penny Wong ke Fiji untuk menopang dukungan di Pasifik.

Wong telah bekerja hanya lima hari setelah pemilihan Australia dan baru saja kembali Rabu malam dari pertemuan di Tokyo .

Di Fiji, Wong mengatakan terserah kepada masing-masing negara kepulauan untuk memutuskan kemitraan apa yang mereka bentuk dan perjanjian apa yang mereka tandatangani, tetapi mendesak mereka untuk mempertimbangkan manfaat dari bertahan dengan Australia.

“Australia akan menjadi mitra yang tidak terikat atau memaksakan beban keuangan yang tidak berkelanjutan,” kata Wong. “Kami adalah mitra yang tidak akan mengikis prioritas Pasifik atau institusi Pasifik.”

Sementara itu, Asosiasi Media Kepulauan Solomon meminta anggotanya untuk memboikot konferensi pers di ibu kota, Honiara, yang diadakan oleh Wang dan rekannya dari Kepulauan Solomon, Jeremiah Manele, setelah pertemuan antara keduanya.

Itu karena hanya media terpilih yang diundang ke acara tersebut, dan jadwalnya memungkinkan hanya satu pertanyaan yang diajukan kepada Wang oleh penyiar CCTV milik negara China.

“Ini adalah seruan yang sulit untuk dilakukan terkait boikot media untuk acara pers pada hari Kamis,” tulis presiden asosiasi Georgina Kekea di Twitter. “Protes kami adalah agar pemerintah kami melihat kekecewaan kami. Mereka telah mengecewakan kita & mereka gagal melindungi #demokrasi.”

Menurut ringkasan resmi pertemuan tersebut, Wang mengatakan kepada rekannya bahwa China akan dengan tegas mendukung Kepulauan Solomon dalam upayanya untuk menjaga keamanan nasional dan integritas teritorial, sementara Manele menggambarkan kunjungan itu sebagai sejarah dan “tonggak penting dalam hubungan” antara kedua negara. dua negara.

China menandatangani pakta keamanan dengan Kepulauan Solomon bulan lalu dalam sebuah langkah yang mengirimkan gelombang kejutan ke seluruh dunia.

Pakta itu telah menimbulkan kekhawatiran bahwa China dapat mengirim pasukan ke negara kepulauan itu atau bahkan mendirikan pangkalan militer di sana, tidak jauh dari Australia.

Kepulauan Solomon dan China mengatakan tidak ada rencana untuk membangun pangkalan.

Dalam langkah lain oleh China, sebuah draf dokumen yang diperoleh The Associated Press menunjukkan bahwa Wang berharap untuk mencapai kesepakatan dengan 10 negara kecil Pasifik selama kunjungannya.

Perjanjian menyeluruh mencakup segala hal mulai dari keamanan hingga perikanan dan dilihat oleh setidaknya satu pemimpin Pasifik sebagai upaya Beijing untuk merebut kendali atas wilayah tersebut.

Wang berharap negara-negara akan mendukung perjanjian pra-tertulis sebagai bagian dari komunike bersama setelah pertemuan 30 Mei di Fiji dengan menteri luar negeri lainnya.

Selama 10 hari kunjungannya, Wang juga berencana untuk singgah di Kiribati, Samoa, Fiji, Tonga, Vanuatu, Papua Nugini, dan Timor Leste.

Sebelumnya, Perdana Menteri baru Australia Anthony Albanese mengatakan dia mengirim Wong ke Fiji karena Australia perlu “meningkatkan” upayanya di Pasifik.

“Kami perlu menanggapi ini karena China berusaha meningkatkan pengaruhnya di kawasan dunia di mana Australia telah menjadi mitra keamanan pilihan sejak Perang Dunia Kedua,” katanya kepada Australian Broadcasting Corp.

Namun juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin mengatakan bahwa dalam beberapa tahun terakhir, pertukaran dan kerja sama antara Beijing dan negara-negara kepulauan telah berkembang dalam perkembangan yang disambut oleh negara-negara Pasifik.(AP)

 

banner selamat menunaikan ibada puasa

banner selamat menunaikan ibada puasa

Tinggalkan Balasan