Si Kancil Masuk Dalam Sumur Versi Empat Lawang Sumsel

PALEMBANG, GESAHKITA COM–Budayawan Palembang, Vebri Al Lintani dalam channel YouTube nya menuturkan mengenai cerita kecerdikan Sang Kancil yang mana cerita akan kecerdikan kancil ini ia akui sangat melegenda dan memiliki kisah tersendiri di tiap daerah di Nusantara.

Menurut dia akan kecerdikan cerita sangat melegenda ini, di Kabupaten Lahat memiliki versi yang berbeda serta dituturkan dengan bahasa Kabupaten Lahat Sumsel.

Versi,  ‘si kancil masuk dalam sumur” ini ternyata sangat berbeda dari cerita sebelumnya (saat kancil dengan buaya, dengan raja hutan(harimau) dan dengan ular Sawa)) yang banyak ditulis di buku buku Fabel cerita edukasi untuk anak anak.

Sumatera selatan salah satu daerah disebut sebagai ulu Melayu sebenarnya banyak menyimpan sastra tutur yang masih berkembang di tengah masyarakat.

Dan Kabupaten Lahat menyimpan banyak cerita cerita rakyat yang perlu dilestarikan atau diangkat atau ditulis dalam berbagai media.

Vebri Al Linta sudah memulai nya meski dengan gaya kocak, sebab cerita cerita seperti ini menjadi tradisi “gesahan” (obrolan/talk) keseharian di Sumsel pada umumnya tentu dengan gaya bahasa yang sangat berbeda di tiap suku yang ada di daerah ini.

Vebri Al Lintani memang memiliki banyak talenta dan pengetahuan akan kebudayaan Sumsel, selain memang dia secara kemampuan publik speaking bisa disebut cukup baik.

Meski video youtube nya ditayangankan kurang dari 2 menit namun bagi yang belum pernah mendengar penuturan “Si kancil masuk dalam sumur” ini cukup menghibur.

Penasaran dengan cerita si kancil masuk dalam sumu

Simak di bawah ini guna menambah khasanah cerita budaya anda.

 

 

 

 

banner selamat menunaikan ibada puasa

banner selamat menunaikan ibada puasa

banner selamat menunaikan ibada puasa

hari santri nasinonal

Tinggalkan Balasan