News, World  

Apa Mungkin Anda Memiliki Kembaran Digital yang Berpikir Dalam Satu Dekade

Tech Republic
Tech Republic

Apa Mungkin Anda Memiliki Kembaran Digital yang Berpikir Dalam Satu Dekade

JAKARTA, GESAHKITA COM—Beberapa ahli mengatakan bahwa pemikiran kembar digital manusia mungkin hanya satu dekade lagi.  Sebagian besar dari kita telah diberitahu oleh seorang teman bahwa kita memiliki doppelganger – beberapa orang asing yang mereka lewati di jalan yang memiliki kemiripan yang luar biasa dengan Anda.

Tapi bayangkan jika Anda bisa membuat kembaran Anda sendiri, salinan persis dari diri Anda sendiri, tetapi yang menjalani kehidupan digital murni?

Kita hidup di zaman di mana segala sesuatu yang ada di dunia nyata direplikasi secara digital termasuk kota kita, mobil kita, rumah kita, dan bahkan diri kita sendiri.

Dan seperti metaverse yang sangat digembar-gemborkan – rencana untuk dunia digital virtual di mana avatar diri Anda akan berjalan-jalan – kembar digital telah menjadi tren teknologi baru yang dibicarakan.

Kembar digital adalah replika yang tepat dari sesuatu di dunia fisik, tetapi dengan misi unik – untuk membantu meningkatkan, atau dengan cara lain memberikan umpan balik ke, versi kehidupan nyata.

Awalnya kembar seperti itu hanyalah model komputer 3D yang canggih, tetapi kecerdasan buatan (AI) yang dikombinasikan dengan internet hal – yang menggunakan sensor untuk menghubungkan benda-benda fisik ke jaringan – berarti Anda sekarang dapat membangun sesuatu secara digital yang terus-menerus dipelajari dan membantu meningkatkan rekan nyata.

Analis teknologi Rob Enderle percaya bahwa kita akan memiliki versi pertama dari pemikiran kembar digital manusia “sebelum akhir dekade”.

Rob Enderle mengatakan bahwa ada pertimbangan etis untuk dipelajari saat kembar manusia digital dikembangkan
“Kemunculan ini akan membutuhkan sejumlah besar pemikiran dan pertimbangan etis, karena replika pemikiran dari diri kita sendiri bisa sangat berguna bagi pengusaha,” katanya.

“Apa yang terjadi jika perusahaan Anda menciptakan kembaran digital Anda, dan berkata ‘hei, Anda punya kembaran digital ini yang tidak kami bayar, jadi mengapa kami masih mempekerjakan Anda?’?

Mr Enderle berpikir bahwa kepemilikan kembar digital tersebut akan menjadi salah satu pertanyaan yang menentukan dari era metaverse yang akan datang.

Kami telah memulai perjalanan menuju kembaran manusia – dalam bentuk avatar yang disebutkan di atas – tetapi saat ini agak kikuk dan primitif.

Di platform realitas virtual Meta (sebelumnya Facebook), Horizon Worlds, misalnya, Anda mungkin dapat memberikan avatar Anda wajah yang mirip dengan wajah Anda sendiri, tetapi Anda bahkan tidak dapat menyediakannya dengan kaki apa pun karena teknologinya masih dalam tahap awal. .

Prof Sandra Wachter, seorang peneliti senior AI di Universitas Oxford, memahami daya tarik menciptakan kembar digital manusia, “ini mengingatkan pada novel fiksi ilmiah yang menarik, dan pada saat itulah tahapnya”.

Prof Wachter mengatakan bahwa kembaran manusia digital tetap hanya fiksi ilmiah pada tahap ini
Dia menambahkan bahwa apakah seseorang akan “sukses di sekolah hukum, sakit, atau melakukan kejahatan – akan bergantung pada ‘pertanyaan tentang sifat versus pengasuhan’ yang masih diperdebatkan.

Itu akan tergantung pada nasib baik dan nasib buruk, teman, keluarga, latar belakang sosial ekonomi dan lingkungan mereka, dan tentu saja pilihan pribadi mereka.”

Namun, dia menjelaskan, AI belum pandai memprediksi “satu peristiwa sosial ini, karena kompleksitas yang melekat pada mereka. Jadi, kami memiliki jalan panjang untuk memahami dan memodelkan kehidupan seseorang dari awal hingga akhir, dengan asumsi bahwa pernah mungkin.”

Sebaliknya, di bidang desain produk, distribusi, dan perencanaan kota di mana penggunaan kembar digital saat ini paling canggih dan luas.

Dalam balap Formula Satu, tim McLaren dan Red Bull menggunakan kembaran digital dari mobil balap mereka.

Sementara itu, raksasa pengiriman, DHL, sedang membuat peta digital dari gudang dan rantai pasokannya agar lebih efisien.

McLaren memiliki kembaran digital dari mobil terbarunya, yang digunakan untuk membantu pengembangannya
Dan semakin banyak kota kita direplikasi di dunia digital; Shanghai dan Singapura sama-sama memiliki kembaran digital, yang dibentuk untuk membantu meningkatkan desain dan pengoperasian gedung, sistem transportasi, dan jalan.

Di Singapura, salah satu tugas kembaran digitalnya adalah membantu menemukan cara baru bagi orang untuk bernavigasi, menghindari area polusi.

Tempat lain menggunakan teknologi untuk menyarankan tempat membangun infrastruktur baru seperti jalur bawah tanah. Dan kota-kota baru di Timur Tengah sedang dibangun secara bersamaan di dunia nyata dan digital.

Perusahaan perangkat lunak Prancis, Dassault Systemes, mengatakan sekarang melihat minat dari ribuan perusahaan untuk teknologi kembar digitalnya.

Sejauh ini pekerjaannya termasuk menggunakan kembaran digital untuk membantu perusahaan perawatan rambut merancang botol sampo yang lebih berkelanjutan secara digital, alih-alih membuat prototipe kehidupan nyata tanpa akhir. Ini mengurangi limbah.

Pihak berwenang di Shanghai, dalam foto, memiliki kembaran digital kota yang mereka gunakan untuk memodelkan perkembangannya di masa depan
Dan itu memungkinkan perusahaan lain untuk merancang proyek futuristik baru – mulai dari jetpack, hingga sepeda motor yang memiliki roda mengambang, dan bahkan mobil terbang. Masing-masing memiliki prototipe fisik juga, tetapi penyempurnaan model awal itu terjadi di ruang digital.

Tetapi nilai nyata yang terlihat pada kembar digital adalah dalam perawatan kesehatan.

Proyek Living Heart Dassault Systemes telah menciptakan model virtual akurat dari jantung manusia yang dapat diuji dan dianalisis, memungkinkan ahli bedah untuk memainkan serangkaian skenario “bagaimana jika” untuk organ tersebut, menggunakan berbagai prosedur dan perangkat medis.

Proyek ini didirikan oleh Dr Steve Levine, yang memiliki alasan pribadi untuk ingin membuat kembaran digital. Putrinya lahir dengan penyakit jantung bawaan, dan beberapa tahun yang lalu, ketika dia berusia akhir 20-an dan berisiko tinggi mengalami gagal jantung, dia memutuskan untuk membuat ulang jantungnya dalam realitas virtual.

Rumah Sakit Anak Boston sekarang menggunakan teknologi ini untuk memetakan kondisi jantung pasien yang sebenarnya, sementara di rumah sakit Great Ormond Street di London, tim insinyur bekerja dengan dokter untuk menguji perangkat yang dapat membantu anak-anak dengan kondisi jantung yang langka dan sulit diobati. .

Ekonomi Teknologi Baru
Ekonomi Teknologi Baru adalah seri yang mengeksplorasi bagaimana inovasi teknologi diatur untuk membentuk lanskap ekonomi baru yang muncul.

Garis abu-abu presentasi
Bereksperimen pada jantung digital juga memiliki efek langsung untuk mengurangi kebutuhan pengujian pada hewan – salah satu aspek penelitian ilmiah yang lebih kontroversial, kata Severine Trouillet, direktur urusan global di Dassault Systemes.

Perusahaan sekarang merencanakan lebih banyak kembar organ digital, termasuk mata dan bahkan otak.

“Pada titik tertentu kita semua akan memiliki kembaran digital, sehingga Anda dapat pergi ke dokter, dan kami dapat semakin membuat obat pencegahan, dan memastikan bahwa setiap perawatan disesuaikan,” kata Ms Trouillet.

Mungkin yang lebih ambisius daripada mereplikasi organ manusia adalah perlombaan untuk membangun versi digital dari seluruh planet kita.

Perusahaan perangkat lunak AS, Nvidia, menjalankan platform yang disebut Omniverse, yang dirancang untuk menciptakan dunia virtual dan kembar digital.

Salah satu proyeknya yang paling ambisius adalah membangun doppelganger digital Bumi, menangkap citra resolusi tinggi dari seluruh permukaannya.

Pada bulan Maret tahun ini, Komisi Eropa, bersama dengan Badan Antariksa Eropa antara lain, mengumumkan rencananya sendiri untuk membuat kembaran digital dari planet ini, yang disebut Destination Earth.

Pada akhir 2024, ia berharap memiliki cukup data dari pengamatan dan simulasi waktu nyata untuk memiliki kembaran digital yang akan berfokus pada banjir, kekeringan, dan gelombang panas, di samping bencana alam seperti gempa bumi, letusan gunung berapi, dan tsunami, serta menyediakan informasi bagi negara-negara rencana konkret untuk menyelamatkan nyawa dalam menghadapi tantangan yang berkembang ini. (BBC)

Alih Bahasa gesahkita

 

banner selamat menunaikan ibada puasa

banner selamat menunaikan ibada puasa

banner selamat menunaikan ibada puasa

hari santri nasinonal

Tinggalkan Balasan