selamat menunaikan ibadah puasa selamat menunaikan ibadah puasa selamat menunaikan ibadah puasa hari jadi kota pasuruanisra miraj hut oku selatan, hari jadi oku selatan

Ustadz Sam Tausiah Peringatan Nuzulul Qur’an Di Masjid Nurul Amal 

PALEMBANG, GESAHKITA.COM- Jamaah Masjid Nurul Amal Jalan Perigi Sekip Palembang sangat antusias dengan kehadiran ustadz H.Samsul Rizal atau biasa disebut Ustadz Sam sebagai penceramah dalam rangka peringatan Nuzulul Qur’an, yang didahului dengan sholat Isya’ berjamaah lalu di lanjutkan dengan sholat Taraweh dan di tutup dengan sholat sunnat Witir , Kamis (28-03-2024)

Acara sendiri dimulai pada pukul 20:15 Wib sampai dengan selesai, dengan diawali pembacaan ayat suci Alquran yang di lantunkan oleh Qori’ ustadz H. Nurhamidi S.Ag,

Kemudian di lanjutkan dengan Sambutan ketua Masjid Nurul Amal, lalu diteruskan dengan acara inti yaitu Peringatan Nuzulul Qur’an.

Ustadz Sam menguraian Hikmah Nuzulul Qur’an yang bersumber kan dari ayat Alquran surat Al-Baqarah ayat 185 Artinya: “(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).

Ayat tersebut juga menceritakan tentang pertama kali turunnya Al-Quran dan ayat pertama yang diturunkan oleh Allah kepada Baginda nabi Muhammad Saw di Gua Hiro, dan Wahyu tersebut dibawa melalui malaikat Jibril As,

Lantas ayat yang pertama yaitu Iqro’, Malaikat Jibril menyuruh Nabi membaca lafas Iqra’ Nabi menjawab saya tidak bisa, kemudian Nabi Muhammad di peluk, sampai 3x dan akhirnya Nabi bisa Membaca nya.

Kemudian Nabi Muhammad Saw turun dari gunung atau dari Gua Hiro dengan pucat dan kedinginan dan menghampiri istri tercintanya Yaitu Siti Khodijah dan minta di selimuti, ketika Beliau diselimuti turun ayat yang kedua yaitu Surat Al – Mudatsir…. yang berbunyi : YAA AYYUHAL MUDATSIR artinya wahai yang berselimut…..dan di lanjutkan dengan turun ayat yang ke tiga yaitu QUM FAANZIR yang arti Bangunlah lalu Kau sampaikan atau kau beri tahukan Muhammad kekeluarga, kerabatmu dan penduduk Mekah.

Lalu Nabi Muhammad Saw berjalan menuju bukit Sopa dan Marwah dan menyampaikan kejadian tsb kepada keluarganya.. Apa perkataan Beliau ?…..,Wahai penduduk Mekah ,dan saudara saudaraku keluargaku semua, ” Percayakah sekiranya di belakang bukit ini ada yg akan menyerang kita? lalu mereka menjawab Percaya,,,,…. kemudian Nabi berkata lagi percayakah bahwa di belakang gunung ini ada orang-orang kafir yg akan membunuh kita, mereka menjawab Percaya, lalu Nabi berkata lagi percaya kah kalian bahwa: Aku Telah menerima wahyu dari Allah melalui malaikat Jibril di Gua Hiro,

Lalu keluar Abu Lahab dengan lantang berkata ” Celakalah Kau Wahai Muhammad Sungguh aku tidak percaya….lalu turun lah Surat Al-Lahab atau Tabbatyada.

Dan Al-Quran senantiasa akan memberikan pertolongan bagi kita nanti di Yaumil qiyamah, salah satu hadits menerangkan…..

“Qiroo atilqur’an fainnahuu ya’tii yaumal qiyamah safiial liashaa bihi. Al-Qur’an yg kita baca akan menjadi penolong bagi kita di yaumil akhir nanti”….. Demikian ustadz Sam menutup acara tersebut dengan memanjat kan doa bersama.

 

Ad.