News  

AS incar Laut China Selatan untuk latihan Garuda

JAKARTA GESAHKITA COM— Kepulauan Natuna merupakan lokasi potensial untuk latihan tahunan Garuda Shield

Menurut laporan NIKEI, Indonesia sedang mempertimbangkan untuk mengadakan latihan militer bersama dengan AS di Kepulauan Natuna, dekat garis teritorial yang diproklamirkan sendiri oleh China dan titik nyala yang muncul dalam ekspansi maritim Beijing di Laut China Selatan.

Pulau-pulau itu akan menjadi salah satu lokasi latihan perang Garuda Shield tahun ini yang dijadwalkan berlangsung selama dua minggu mulai 1 Agustus, menurut sumber.

Militer AS dan Indonesia telah menjadi tuan rumah latihan tersebut sejak 2007.

Zona ekonomi eksklusif Indonesia yang mengelilingi pulau-pulau sebagian tumpang tindih dengan apa yang disebut “sembilan garis putus-putus” yang dibuat oleh Beijing untuk membatasi yurisdiksinya di Laut Cina Selatan.

Meskipun Natuna terletak di luar garis sembilan putus, kapal penangkap ikan dan kapal pemerintah China telah terlihat di dekat pulau-pulau tersebut dan Indonesia telah menempatkan pasukan di kepulauan tersebut.

Indonesia sedang menjajaki rencana untuk mengadakan latihan pendaratan dengan AS di kawasan Natuna.

Jika latihan ini benar-benar terjadi, mereka kemungkinan akan membayangkan pemulihan pulau-pulau yang diduduki oleh pasukan musuh.

NIKEI juga menulis Garuda Shield tahun ini akan melibatkan 14 negara, termasuk pengamat. Mereka termasuk sekutu AS Inggris, Australia dan Kanada, menurut sumber sebelumnya, serta tetangga Indonesia Singapura dan Malaysia. Pasukan Bela Diri Darat Jepang juga akan berpartisipasi dalam Garuda Shield untuk pertama kalinya.

Latihan ini kemungkinan bisa menjadi salah satu latihan Garuda Shield terbesar, kata laman berbahasa Inggris itu.

Sebanyak 3.000 anggota layanan diharapkan untuk ambil bagian, yang akan memperluas jumlah karyawan tahun lalu sebesar 50%.

Seperti tahun lalu, latihan akan diadakan di Baturadja, bagian dari pulau Sumatera Indonesia, serta Amborawang di pulau Kalimantan.

Latihan akan difokuskan pada latihan passing untuk meningkatkan komunikasi maritim, penyelamatan laut, dan latihan penerbangan menggunakan landasan pacu sementara.

GSDF Jepang berencana untuk melakukan latihan bersama dengan militer AS dan Indonesia.

Invasi Rusia ke Ukraina telah menyoroti pentingnya menghentikan kemajuan tentara musuh dengan pasukan darat.

Meningkatkan responsivitas militer melalui latihan bersama dan membangun hubungan kerja sama antara negara-negara yang berpikiran sama telah menjadi bagian yang tak terpisahkan untuk pencegahan, menurut pendapat arus utama.

Antara Februari dan Maret, Brigade Penempatan Cepat Amfibi GSDF telah mengadakan latihan bersama dengan Angkatan Laut dan Marinir AS di daerah yang membentang dari Jepang tengah hingga Guam, wilayah AS.

Malaysia, Vietnam dan negara-negara lain telah berselisih dengan China atas hak teritorial di Laut China Selatan.

Meskipun Beijing mengakui wilayah Indonesia berada di luar sembilan garis putus-putus, ketegangan telah muncul di Natuna dan daerah sekitarnya yang memiliki cadangan gas alam.

Masih menurut kantor berita yang bermarkas di Jepang tersebut, Negara-negara Asia Tenggara telah memantau dampak perang Ukraina terhadap wilayah mereka sendiri.

Dalam beberapa bulan terakhir, China telah sepenuhnya mengubah tiga terumbu karang di Kepulauan Spratly menjadi pangkalan militer, mengambil keuntungan dari perhatian yang terbagi dari masyarakat internasional atas Ukraina.

Negara-negara Asia Tenggara memiliki beberapa pilihan lain selain mengandalkan AS untuk pencegahan.

Garuda Shield tahun ini akan mencakup ketiga anggota AUKUS, aliansi keamanan yang dibentuk tahun lalu oleh Australia, Inggris, dan AS.

Kerangka kerja keamanan Quad juga telah ditetapkan sebagai penyeimbang regional melawan China.

Namun hanya tiga anggota — Jepang, AS, dan Australia — yang akan mengikuti Garuda Shield, sedangkan anggota keempat, India, tidak ada dalam daftar.

Sumber : NIKEI

banner selamat menunaikan ibada puasa

banner selamat menunaikan ibada puasa

banner selamat menunaikan ibada puasa

hari santri nasinonal

Tinggalkan Balasan