Lulusan Kuliah Jurusan Prodi Perpustakaan dan Informasi, Bisa Kerja Di Semua Bidang 

  • Bagikan
Naila Krismaulida, Mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora Prodi Ilmu Perpustakaan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Apa Menariknya Sih Kuliah di Prodi Jurusan Ilmu Perpustakaan?

PALEMBANG, GESAHKITA COM—Tulisan  ini berawal dari banyaknya tanggapan masyarakt di luar sana bertanya tentang ilmu perpustakaan.  Kuliah jurusan Perpustakaan itu ngapain? Nanti ikut bersih-bersih buku ya? Nanti jadi penjaga perpustakaan ya?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut kerab diutarakan ketika diketahui seseorang Kuliah di Prodi Bidang Perpustakaan. Memang terkadang  keluar  dari mulut mereka yang masih awam yang masih belum mengetahui  betapa  pentingnya ilmu perpustakan tersebut. Bahkan sering dialami  bahwa  jurusan ilmu perpustakaan masih dipandang sebelah mata dan didengar sebelah telinga.

Jurusan Ilmu Perpustakaan Bukan Pilihan Utama

Setelah melakukan riset kecil dengan ternyata saya tidak sendiri yang meletakan ilmu perpustakan pada pilihan kedua saat awal memulai kuliah. Teman teman satu angkatan pun  sama seperti yang saya alami juga. Awalnya juga begitu, mereka, teman teman menaruh minat yang lain yang pandangan mereka kala itu merasa pilihan lain itu jauh lebih mengagumkan, lebih menjanjikan lapangan pekerjaan yang jauh lebih banyak dan lebih baik dibandingkan dengan prodi perpustakaan ini.

Walaupun begitu, asupan keyakinan untuk membuat saya lebih percaya diri, supaya lebih bersemangat  mengenal lebih jauh dan belajar lebih tekun akan ilmu jurusan ini,  datang dari kakak saya. Menurut dia kedepan tenaga pustakawan pasti akan sangat dibutuhkan karena ada banyak  perpustakaan di sekolah sekolah mulai dari SD hingga SMA dan bahkan perguruan  tinggi.

Baca Juga :  Untuk Puan dan Udin

Sebelumnya  sama sekali saya tidak mengenal jurusan ini. Belajar tentang apa saja, tugasnya apa saja, dan banyak pertanyaan di kepala saya pada saat itu. 

Naila Krismaulida, Mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora Prodi Ilmu Perpustakaan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Setelah Kuliah Baru Mengetahui

Saya tahu dan mulai memahami hakikat ilmu perpustakaan justru setelah saya masuk di jurusan tersebut, bahwa peluang di depan saya begitu luas. Jumlah peminat yang makin banyak dan pasar kerjanya yang sedang bagus jadi pertimbangan saya untuk tetap melanjutkan menempuh pendidikan perkuliahan.

Dalam proses perkuliahn pun kejutan kejutan akan hebat nya serta tidak kaku nya ilmu perpustakaan ini satu per satu saya temukan. Misalnya saja, transformasi media baca yang awalnya  berbasis kertas kini jadi digital, bahkan kini kebanyakan sudah dibuat pilihan pilhan dengan menggunakan tranformasi digitalisasi bahan bacaan modern.

Seiring dengan berjalan waktu saya sangat menikmati prosesnya, sederet mata kuliah nya  pun membuat saya menyukai prodi ini ditambah proses pembelajarannya menggunakan metode metode baru dan hal hal yang baru, ilmu baru, lebih menarik dan bahkan unik.

Baca Juga :  Kuliah Dan Tujuan Serta Seluk Beluk Nya

Kompetensi, Skill dan Kemampuan Didapat dari Prodi Perpustakaan

Sederhananya belajar atau kuliah di jurusan ilmu perpustakaan itu kita digembeleng  dan mempelajari bagaimana mengolah dan  mengelola, serta  menyediakan kemudian juga  memanajemen dan mengkomunikasikan informasi secara real mengenai segala hal tentang bahan bahan bacaan yang dibutuhkan para pencari informasi.

Informasi itu bisa dari banyak media, dari buku sampai digital. Lalu, bukan hanya teknis saja, tapi juga aspek manajerial perpustakaan dan segala hal mengenai arsip.

Berbagai sumber daya informasi didapatkan dari setiap lembaga dan perusahaan yang pastinya menghasilkan rekaman dokumen dari kegiatan-kegiatannya, mulai dari bahan pustaka, data, arsip, dokumen, bahan audio visual, berbagai jenis format maupun kemasan adalah objek yang akan dilakukan atau digeluti oleh kita kita sebagai mahasiswa ilmu perpustakaan.

Mata Kuliah Unik Di Prodi Perpustakaan

Salah satu mata kuliah saya itu dasar-dasar informasi. Saya belajar bagaimana menelusuri asal-usul suatu informasi, mengidentifikasi kata kunci, sampai berapa kali informasi itu dikutip, di sini saya belajar mengidentifikasi dan mencegah plagiarisme dan tentunya masih banyak lagi ilmu-ilmu yang tidak ada selain di jurusan ilmu perpustakaan.

Dalam aspek manajerial dan pada dasar-dasar teknologi dan sistem informasi. Kalau ini materi-materi yang sangat berguna sekali di dunia kerja.

Baca Juga :  Santet - Pellet Di Era Digital Hingga Pemilu 2019

Lulusan Prodi Perpustakaan Bisa Diterima Di Semua Bidang

Jelasnya, prodi ini tidak sesederhana anggapan orang, sekedar mencetak petugas perpustakaan. Pustakawan hari ini pun punya pola pikir yang berbeda, kemampuan skill, kreatif, pengetahuan yang luas, dan menanamkan mindset sebagai reference librarian.

Dari pantauan terhadap lulusan prodi perpustakaan ini, mereka yang lulus tidak melulu menempuh profesi sebagai pustakawan, tapi juga terserap ke industri arsiparis, teknologi, analisis informasi, kepala perpustakaan, mendirikan komunitas, pegawai bank, pegawai negeri sipil  di pemerintahan, dan manajer dokumentasi.

Nama ilmu perpustakaan dan informasi  (library and information science).

Saat ini, ilmu perpustakaan telah berkembang ke arah pemanfaatan teknologi informasi dalam berbagai bidang kehidupan. Akibatnya di berbagai kampus dunia, ilmu perpustakaan pun berganti nama menjadi ilmu perpustakaan dan informasi (library and information science). Seiring dengan berjalannya waktu jurusan Ilmu Perpustakaan semakin dikenal masyarakat.

Demikianlah tulisan saya ini diakhiri, dengan harapan hal ini dapat memberi manfaat dan menambah khasanah pembaca sekalian tentang ilmu perpustakaan dan kuliah di ilmu perpustakaan dan informasi. Lebih dan kurangnya saya mohon maaf dan kritik serta  saran silahkan menghubungi redaksi media ini. Salam.(*)

 

Penulis : Naila Krismaulida

Mahasiswa  Fakultas Adab dan Humaniora Prodi Ilmu Perpustakaan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

 

 

Baner HUT Kemerdekaan RI Ke-76

HUT Kemerdekaan RI Ke-76

Baner HUT Kemerdekaan RI Ke-76
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan